Sabtu, 16 Juli 2011

IKLAN dan POSTER


                Dalam kehidupan modern iklan sangat bermanfaat agar konsumen tertarik dengan sesuatu yang ditawarkan. Sehingga merupakan salah satu media komunikasi antara produsen dan konsumen.

            Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat suatu media oleh pemrakarsa dan ditujukan kepada masyarakat. Jadi iklan hanya merupakan bentuk penyampaian pesan untuk mengajak calon konsumen mengenal atau menuju kebarang atau jasa yang dianjurkan.
            Fungsi iklan menginformasikan produk baru yang ditawarkan oleh produsen, selain itu juga berfungsi untuk memperluas jangkauan pemasaran sebuah produk, jasa atau informasi. Bahkan bertujuan untuk mempengaruhi konsumen atau masyarakat.
            Tujuan iklan adalah
1.    Menyadarkan calon konsumen dan memberi informasi kepanya tentang suatu barang atau jasa
2.    Menimbulkan suatu perasaan suka akan barang atau jasa yang dianjurkan  dalam diri calon konsumen
3.    menyakinkan calon konsumen akan kebenaran apa yang disajikan dalam iklan dan menggerakknnya untuk berusaha memiliki barang atau menggunakan jasa yang dianjurkan.

Elemen-elemen iklan
1.    Struktur copy
A.  Utama
a.   Headline
            Suatu kata atau kalimat yang dicetak dengan huruf berukuran besar dan dapat ,memberikan gambaran sekilas tentang pesan iklan yang disampaikan. Jadi bila seseorang membaca headline ia akan mengerti sebagian besar meksud pean iklan dan ia akan berkeinginan untuk membaca selanjutnya atau mengetahui seluruh isi iklan tersebut.
b.    Bodycopy
Sering disebut teks, merupakan kalimat yang menjelaskan tentang pesan-pesan iklan secara keseluruhan.
c.    Logotype
Nama lambang perusahaan, nama perusahaan, atau nama produk.
B.   Pelengkap
a.   Subhealine
            Kalimat yang menjelaskan headline
b.   Banner
            Kalimat singkat atau bahkan hanya kata yang ditulis dengan baris terpisah dari bodycopy dan letaknya biasanya miring. Juga mengaskan atau memberitahukan suatu hal yang sifatnya kejutan. Contoh Obral, baru tiba
c.   Splash
Hampir sama dengan banner, kalau banner garis memanjang sedang splash berupa bayangan lampu yang bergerigi atau tepinya bergerigi.


d.    Slogan
Kalimat pendek dengan bahasa sederhana yang disampaikan dalam iklan untuk menarik perhatian agar orang mau membeli barang atau jasa yang diiklankan. Contoh Toyota memang tiada duanya, Semen Gresik kokoh tak tertandingi. Honda Power of dream dan lain-lain.
e.    closing
Atau penutup ialah kata-kata atau kalimat pendek yang dipergunakan sebagai penutup dalam iklan. Misalnya: teleponlah kami, datannglah secepatnya, kunjungilah segera dan lain-lain.
2.   Ilustrasi
Merupakan penghias dan juga untuk menjelaskan atau menjabarkan suatu naskah atau teks.
Fungsinya:
a.    Memperjelas naskah
b.    Menghias



































Contoh Iklan silahkan buka





















POSTER

Sering kita mendengar kata poster. poster berasal dari kata ”to post” yang berarti mengumumkan. Poster merupakan salah satu macam reklame. Di mana isi poster berupa anjuran, ajakan, himbauan atau peringatan. Poster digunakan untuk kepentingan umum atau masyarakat luas dan sifatnya non komersil.
Menurut ensiklopedi poster ialah suatu jenis reklame yang hebat dan berani didalam menarik perhatian masyarakat. Sedangkan menurut pengertian umum poster ialah perklanan tercetak pada lembaran kertas yang ditempel pada suatu panel, dinding, etalase. Sebenarnya apa yang dimaksud poster, poster ialah suatu media untuk menyampaikan pesan tertentu yang sifatnya non komersil kepada komunikan agar mengikuti isi pesan poster. Fungsi poster menurut Alexander Nesbit ialah untuk menarik perhatian.
Poster berbentuk gambar besar yang dihidangkan dengan lugas, maksudnya agar dalam waktu sekilas orang dapat mengerti apa isi dan maksud dari poster tersebut. Poster yang baik adalah poster yang segera dapat menarik perhatian orang, gampang dibaca, dan mudah dimengerti oleh orang yang membacanya.  Sehingga pesan yang ada dalam poster tersebut harus jelas walau dilihat secara sepintas.
Keseimbangan(balance) dalam poster ialah apabila unsur bidang, warna, dan penempatan huruf memberi kesan imbang dan memuaskan kepada yang melihat. Unsur poster sebenarnya hanya ada dua yaitu illustrasi dan huruf. nilai essensial dalam poster yaitu sederhana, kesatuan, dan kejutan. Huruf, warna,  dan ilustrasi sangat penting dalam sebuah poster dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya dan harus seimbang artinya ada keterpaduan antara warna, huruf dan ilustrasi. Ilustari sangat penting dalam poster karena poster tanpa ilustrasi akan menjadi pegumuman yang kurang daya tariknya.  Ilustrasi harus jelas dan menarik serta sesuai dengan pesan yang akan ditampilkan dalam poster tersebut. Kata ilustrasi berasal dari bahasa latinillustuare” artinya menerangkan sesuatu atau menjelaskan sesuatu.  Warna harus tepat dengan tema poster dan hindari warna yang beraneka agar tidak terkesan ramai dan semrawut.
Bentuk poster sama dengan iklan yaitu berupa tulisan yang dilengkapi gambar,



maka syarat untuk membuat poster sama dengan membuat iklan yaitu:
1.  Tulisan harus singkat dan jelas serta dapat
2.  Bentuk gambar yang sederhana dan sesuai dengan tema
3.  Warna yang dipilih warn yang menarik dan sesuai.

Langkah dalam membaut poster adalah
1.  Perencanaan
Pahami dulu tugas yang diberikan artinya harus menelaah dan mengerti betul tugas tersebut secara mendalam. Kemudian memilih tema yang tepat/cocok dengan tugas tersebut. Pemilihan bentuk huruf dan warna yang sesuai dengan tema poster, agar poster tersebut diperhatikan oleh masa dan dapat ditelaah dengan sungguh-sungguh. Juga jangan lupa ilustrasi yang tepat tepat karena dapat memperjelas tema yang dikemukakan. Juga pada dasarnya dalam perencanaan harus benar-benar dipikirkan dan dirasakan adanya kesatuan (unity) antara pemilihan huruf, ilustrasi, dan pewarnaan.
2.  Pewarnaan
 Apabila sudah yakin bahwa desain yang anda buat sudah betul/sesuai dengan ketentuan, maka anda dapat mulai mewarna. Warna yang dibuat semninim mungkin kaerna dalam poster pelayanan masyarakat sifatnya sederhana. Dalam mewarn aharus diperhitungkan masalah warna yang cocok/sesuai, menarik dan dapat menggugah perasaan penonton/masyarakat.
3.  Penyempurnaan
Pada tahap ini anda harus  betul-betul meneliti pekerjaan/karya anda. Karena mungkin masih ada kesalahan yang tidak disengaja. Perhatikan teknik pewarnaannya, bentuk hurufnya, illustrasi, dan warna background serta detailah bagian-bagian yang ditonjolkan.
4.  Penyajian
Setelah anda merasa betul-betul puas atas hasil karya yang anda buat, maka karya tersebut disajikan.

Tugas
Membuat poster tentang sekolah kita SMA ! Salatiga, misalnya tentang kedisiplinan, lingkungan, kualitas, persatuan, pendidikan dan lain sebagainya.

Media dan alat
1.  Kertas gambar A4
2.  Pensil
3.  Penghapus
4.  Pewarna bebas

Demikian materi kali ini semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih serta semoga anda mengerjakan tugas ini dengan sebaik-baiknya.

Guru Seni Rupa


     Hadiyanto 














silahkan buka contoh poster

Tidak ada komentar: